SMK Negeri 5 Surabaya memiliki laboratorium komputer yang memakai sistem operasi Open Source Software (Linux Soerya)

Minggu, 19 Mei 2013


Stemba ( SMKN 5 Surabaya) Siap bermigrasi ke Open Source

tampilan linux soerya 10.08 Lontong Balap


Sabtu, 19 November 2011 di kampus SMKN 5 Surabaya diadakan acars sosialisasi, instalasi dan workshop linux soerya untuk guru tahap 1 bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Surabaya. Acara sosialisasi migrasi ke software open source ini dihadiri Kepala Dinkominfo bpk. Chalid, Kabid Postel bpk. Adang dan tim terkait.

Dalam pembukaan acara ini dijelaskan bahwa pemerintah menggalakkan penggunaan software open source untuk meminimalisir pembajakan software yang umum terjadi di Indonesia. Dan Dinkominfo Pemkot Surabaya mendukung program ini dengan turut mengembangkan sistem operasi linux yang bernama Soerya. Versi terbarunya adalah Linux Soerya 10.08 Lontong Balap (saat itu).

Selain itu Dinkominfo juga mempunyai program pendampingan migrasi ke OS linux secara gratis…. Tis…. yang meliputi instalasi, setting dan pelatihan untuk semua instansi di area kota Surabaya termasuk sekolah.

Pada hari sabtu tersebut semua PC dalam lab KKPI SMKN 5 Surabaya diinstal dengan sistem operasi linux Soerya untuk mempermudah pembelajaran software open source untuk seluruh siswa karena sebelumnya hanya PC/laptop tertentu yang berisi sistem operasi linux. Acara pelatihan dan instalasi selanjutnya diselesaikan dalam beberapa tahap untuk guru dan karyawan.

Semoga dengan dilakukannya program ini di SMKN 5 Surabaya bisa mendukung pemasyarakatan penggunaan software open source yang pasti legal seperti sistem operasi linux. Dan semoga sekolah – sekolah yang lain juga menyusul program migrasi ke open source ini. Ok, lets start it. Bravo stemba!!!


2 komentar:

  1. Bagi yang ingin belajar desain grafis basis open source bisa klik bawah ini....

    Desainew

    BalasHapus
  2. [EVENT BEDAH JURUSAN SE-INDONESIA PERTAMA DI SURABAYA!]
    Ayo ikutan dan #CariPassionKalian disini, dijamin kalian nggak bakal nyesel. Karena #CampusStarter2016 merupakan acara bedah jurusan terbesar se-Indonesia, lho!
    Tentukan pilihan kalian biar nanti #JanganSalahJurusan. Jadilah generasi yang #AntiIkutIkutan karena masa depan kalian ada di tangan kalian masing-masing.
    Karena #YourFutureIsYours

    Catet tanggal dan tempatnya ya! Campus Starter akan diadakan pada
    Minggu, 9 Oktober 2016
    SMA Al Hikmah Surabaya*

    Dan untuk kalian yang membeli tiket Campus Starter, kita punya penawaran menarik, lho! Cukup dengan tambahan 25.000 dari biaya pendaftaran kalian bisa mendapatkan tiket Campus Starter + Buku “Metamorfosa” Buku yang membahas tentang bagaimana peralihan dari siswa menjadi mahasiswa, harga asli buku adalah Rp 40.000.
    Gimana, gimana? Menarik banget kan. Jadi yuk, segera dipesan. Caranya gampang kok, Cara daftar :
    1. Transfer ke nomer rekening
    Bank BTPN 082234895047 a.n Silfia Rahmawati atau
    6580-01-000269-50-9 Bank BRI a.n Panca Muhammad Rizha Purnama
    2. Kirim foto/screenshot bukti transfer ke campuspedia.event@gmail.com dengan subjek Nama_jumlah transfer_nama bank tujuan. Contoh Mawar_50000_BTPN
    3. Peserta dapat kode token
    4. Gunakan kode token untuk login di campuspedia.id/campusstarter
    5. Isi form data diri dan pilih jurusan
    6. Cetak tiket

    Informasi lebih lanjut, hubungi :
    Cp :
    1. Silfia : 082234895047 /ID Line: silfia.rahma
    2. Cholania : 083857380902 /ID Line : cholania
    3. Danik : 085655372677 / ID Line : danikastutikpag
    Official account LINE Campus Starter : @xnb4767z
    Ask.fm : campusstarter

    #CampusStarter2016
    #Campuspedia
    #EventSurabaya
    #EventSMA
    #EventIndonesia
    #JanganSalahJurusan
    #YourFutureIsYours

    BalasHapus