SMK Negeri 5 Surabaya memiliki laboratorium komputer yang memakai sistem operasi Open Source Software (Linux Soerya)

Sabtu, 18 Mei 2013

Open Source untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

-->
Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”
Nelson Mandela

Pendidikan menentukan kemajuan suatu negara.
Digalakkannya semangat “Go Open Source” membuat semua orang berlomba dalam menciptakan inovasi baru dalam membuat Open Source Software. Berkat dukungan institusi pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat membuat Open Source kini mudah dijumpai di berbagai laman di Internet. Dengan bermodalkan internet kini kita dapat mengakses berbagai software yang dapat menunjang kehidupan kita, entah itu membantu kita dalam berbagi ilmu pendidikan atau sekedar software permainan yang digunakan untuk refreshing semata. Dengan digalakkannya semangat tersebut pendidikan di Indonesia mulai berkembang. Pendidikan pilar tertinggi dalam suatu negara karena pendidikan berperan penting yang menentukan nasib suatu bangsa ke depannya. Pendidikan yang baik tentunya amat sangat menguntungkan suatu negara untuk maju.
Di Indonesia khususnya terdapat banyak lembaga pedidikan yang membantu warga Indonesia untuk mendapatkan ilmu pendidikan dimulai dari pendidikan paling dasar yakni Taman Kanak – kanak hingga pendidikan berkelanjutan di Universitas. Ilmu pendidikan pun kini tak hanya didapatkan dari duduk – duduk di kelas sambil mendengarkan guru menerangkan pelajaran, membuka lembar demi lembar buku pelajaran, atau mengisi soal – soal di buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Karena, kini dunia teknologi telah mengubah metode pembelajaran kuno yang telah lama dianut bangsa kita. Dengan berkembangnya teknologi tersebut, kini bermunculan software yang dapat membantu kita dalam mengakses ilmu pendidikan.
Bak makanan, software telah memiliki keanekaragaman yang sangat beragam dan citarasa yang berbeda dan juga ciri khasnya masing – masing. Software pun kini dengan mudahnya kita dapatkan, dengan bermodalkan koneksi internet kita dapat mendownload software yang kita inginkan. Dewasa ini softwarepun mulai terbuka dengan adanya Open Source Software dimana kita dapat menggunakan software sesuai keinginan, dan kita dapat mendistribusikannya keuser lain. Sebagai penunjang pendidikan kini bermunculan software dengan isi yang edukatif mendidik putra bangsa dalam menggapai asanya.
Ditunjang dengan harga yang murah bahkan dengan ada yang gratis sangat membantu kita untuk maju dalam hal pendidikan melalui bidang teknologi ini, pemerintah juga sangat diuntungkan karena masyarakat akan dengan mudahnya mendapatkan software premium dengan biaya yang ringan. Dibandingkan dengan software yang berlisensi kualitas dari Open Source tak jauh berbeda meskipun dibanderol dengan harga yang rendah. Karena, harga tak selamanya menentukan kualitas suatu barang. Dari segi keamanan Open Source jauh lebih aman dari software berlisensi yang rentan akan serangan virus.

Harapan Bangsa di Tangan Anda!
Dengan kemajuan Open Source Software ini, diharapkan semua kalangan dapat memanfaatkannya dengan baik dan dapat ditularkan ke user lain. Banyak software pendidikan diantaranya di jenjang TK dan SD terdapat software Tux Paint, software berbasis open source (gratis), pemenang penghargaan program gambar untuk anak usia 3 sampai dengan 12. Software ini menggabungkan antarmuka yang mudah digunakan, efek suara yang menyenangkan, anak-anak akan diarahan oleh Tux (maskot Linux) untuk menggunakan program, tentunya dalam bahasa Inggris. Dan masih banyak lagi software yang sangat berperan dalam dunia pendidikan Indonesia.
Namun banyaknya software yang telah ada tidak dapat terasa manfaatnya bila kita tidak menggunakannya dengan baik, kita haru berfikir kritis dalam menggunakan software ini. Karena, meskipun harga yang murah bukan berarti software yang kita gunakan adalah software yang murahan. Berpandai – pandailah dalam memilih sebuah software yang sesuai dengan kebutuhan anda sekarang.


1 komentar: