SMK Negeri 5 Surabaya memiliki laboratorium komputer yang memakai sistem operasi Open Source Software (Linux Soerya)

Sabtu, 18 Mei 2013

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanyaumumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Setiap ciptaan pasti punya kelebihan dan kekurangan, berikut ini contoh-contoh kelebihan serta kekurangan yang dimiliki Linux
  • Kelebihan :
  1. Program ini gratis, tidak perlu membayar lisensi jadi tidak perlu menguras kantong untuk mendapatnya program ini di komputer anda.
  2. Tidak perlu kuatir terkena sweeping software karena meskipun gratis, linux memang merupakan open source yang memang di ciptakan bebas biaya :D
  3. Lebih tahan terhadap virus karena pembuat virus biasanya menyerang program yang lebih banyak penggunanya
  4. Lebih stabil dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti seperti halnya linux, jadi tidak tiba-tiba ngadat atau hang dan harus menekan CTRL + ALT + DEL untuk mengakhiri hang pada komputer.
  5. Mengasah kemampuan para programmer untuk berinovasi dalam program ini.
  6. Cocok untuk komputer yang memiliki spesifikasi minimum karena Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari pada Windows.
  • Kekurangan :
  1. Masih terlalu asing bagi masyarakat awan, jadi harus beradaptasi dulu agar dapat mengoperasikan Linux secara lancer
  2. Aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi Windows
  3. Aplikasi dari Windows jelas tidak dapat di instal bahkan di operasikan di dalam Linux
  4. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan pada program Linux, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar